Bagian Penting Kitchen Set Yang Sebaiknya Anda Ketahui

Bagian Penting Kitchen Set

Salah satu bagian penting di dapur yang sering menjadi perhatian para pemilik rumah (Khususnya ibu rumah tangga) adalah kitchen set.

Karena selain membuat suasana dapur menjadi lebih hidup, adanya kitchen set ini juga bisa membuat penataan dapur menjadi lebih rapi.

Ringkasnya, keberadaan kitchen set mampu membuat interior rumah menjadi enak dipandang, dan juga memberikan fungsi yang optimal.

***

Artikel yang sedang Anda baca ini akan membahas tentang beberapa bagian penting pada kitchen set, dan ditujukan khusus bagi Anda yang berencana membuat kitchen set.

Langsung saja simak penjelasan berikut ini.

5 Bagian Penting Kitchen Set Untuk Suasana Rumah Yang Lebih Nyaman

1) Kabinet Atas

Banyak pemilik rumah yang menjadikan kabinet atas ini sebagai tempat penyimpanan barang yang hanya dipakai untuk acara-cara tertentu saja.

Atau dengan kata lain, bagian kabinet atas ini digunakan untuk menyimpan barang yang sangat jarang dipakai.

Selain jarang dipakai karena kebutuhan, barang-barang yang terdapat di kabinet atas ini biasanya punya bobot yang cukup berat ketimbang barang lainnya.

Tips:

Bagian ini sebaiknya dibuat dengan kedalaman kurang lebih sekitar 40 – 50 cm. Akan lebih baik lagi jika Anda menutup bagian atasnya sehingga tidak menjadi sarang debu.

2) Kabinet Bawah

Berkebalikan dengan kabinet atas, kabinet bagian bawah justru digunakan untuk menyimpan barang-barang yang sering digunakan, misalnya untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, barang-barang yang disimpan di sini juga memiliki bobot yang cukup ringan. Contohnya seperti microwave dan sejenisnya.

Tips:

Bagian ini sebaiknya dibuat dengan kedalaman kurang lebih sekitar 60 – 50 cm.

3) Backsplash

Bagian penting berikutnya pada kitchen set adalah backsplash, yang posisinya berada di antara kabinet bawah dan kabinet atas.

Umumnya bagian backsplash ini berfungsi untuk melindungi dinding agar tidak kotor akibat kena cipratan air dan minyak ketika sedang memasak.

Dan biasanya, backsplash dibuat dengan menggunakan bahan keramik sehingga mudah dibersihkan.

Tips:

Bagian ini sebaiknya tetap dibuat dengan bahan keramik. Sedangkan untuk bentuknya bisa dibuat sesuai kebutuhan.

4) Countertop

Countertop merupakan bagian kitchen set yang juga bisa dijadikan sebagai meja, karena posisinya yang berada di atas kabinet bawah.

Biasanya, di dekat countertop ini terdapat wastafel dan juga kompor tanam.

Tips:

Anda sebaiknya membuat countertop dari bahan tahan terhadap panas dan air, serta mudah dibersihkan. Contohnya seperti marmer atau granit.

Sedangkan dari segi warna, akan lebih baik lagi kalau warnanya selaras dengan desain dapur Anda.

5) Cooker Hood

Cooker hood berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara di dapur Anda. Karena bagian ini bisa menghisap asap dan juga uap ketika Anda sedang memasak.

Bagian cooker hood ini biasanya terletak di atas kompor, dengan jarak yang sudah disesuaikan terlebih dahulu.

Ringkasnya, keberadaan cooker hood ini bisa membuat udara di dapur Anda terhindar dari bau yang tidak sedap.

***