Bahan Top Table Kitchen Set: Jenis Dan Tips Memilih

Kumpulan Bahan Top Table Kitchen Set

Ada banyak jenis bahan top table kitchen set (Countertop) yang bisa Anda pilih dan gunakan untuk mewujudkan konsep kitchen set idaman Anda.

Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal bagaimana Anda memilih dan menyesuaikannya dengan kebutuhan serta keinginan Anda.

Tapi sebaiknya, bahan top table yang Anda pilih benar-benar berkualitas dan bisa diandalkan. Karena top table ini adalah area yang sangat sering digunakan.

Dari mulai menyiapkan bahan masakan hingga melakukan aktivitas memasak, semuanya dilakukan di area top table ini.

Tulisan kali ini akan menjabarkan tentang beberapa jenis bahan untuk top table kitchen set, mencakup kelebihan, kekurangan, beserta tips untuk memilih.

Langsung saja, simak ulasan berikut ini.

4 Jenis Bahan Top Table Kitchen Set Berkualitas

Ada 3 kriteria penting yang sebaiknya Anda perhatikan ketika memilih bahan top table untuk kitchen seti. Diantaranya tahan terhadap panas, goresan, dan tidak mudah menyerap noda serta minyak.

Dan berikut ini adalah 4 bahan yang memenuhi kriteria tersebut.

1) Marmer

Marmer merupakan jenis batu alam yang sering digunakan sebagai table top kitchen set di berbagai rumah.

Salah satu faktor penyebabnya karena bahan ini memiliki permukaan yang dingin, halus dan bersih. Serta memiliki corak warna yang berbeda satu sama lain (Unik).

Tapi bahan marmer tidak sekuat dan sepadat granit.

Selain itu, pori-pori yang terdapat pada marmer relatif lebih besar. Ini bisa membuat serpihan makanan dan sejenisnya bisa masuk ke dalam, sehingga sulit untuk dibersihkan.

Dan jika terkena air hingga melembab, bahan marmer ini biasanya akan berjamur. Dalam jangka lama penampilannya juga akan kusam kecuali dipoles ulang secara berkala.

2) Granit

Bahan berikutnya adalah granit, yang juga terbuat dari batu alam dengan tekstur kuat dan kokoh, namun terasa sejuk dan dingin ketika disentuh.

Secara visual, top table kitchen set yang terbuat dari bahan granit memiliki kesan kaku, namun tetap terlihat mewah dan elegan.

Dan secara kualitas, bahan granit ini memiliki ketahanan yang relatif lebih lama ketimbang marmer. Bahkan bisa tahan hingga bertahun-tahun.

Namun ada 1 kekurangan bahan granit yang harus Anda ketahui.

Bahan granit memiliki sedikit pori-pori yang bisa menyerap cairan seperti minyak, kopi, dan teh.

Ini membuatnya sedikit sulit untuk dibersihkan, dan warnanya bisa menjadi lebih gelap.

Top yang terbuat dari bahan granit juga tidak terlihat seamless seperti solid surface.

Jadi kalau Anda membuat kitchen set dengan bentuk L atau U, akan terlihat sambungan di bagian sikunya, sehingga tampilan kitchen set jadi kurang menarik.

3) Solid Surface

Bahan utama solid surface adalah resin dan akrilik.

Solid surface masuk ke dalam kriteria bahan table top yang tahan terhadap panas dan tidak mudah menyerap cairan seperti minyak, kopi, dan teh.

Namun untuk goresan, solid surface tidak 100% anti goresan. Hanya saja jika terkena goresan, proses perbaikannya bisa lebih mudah.

Secara visual, solid surface juga terlihat elegan dan mampu memberikan kesan mewah. Selain itu, table top yang menggunakan bahan solid surface akan terlihat tanpa sambungan (Seamless).

Ini membuat table top terlihat lebih bersih dan rapi.

4) Quartz Stone

Terakhir adalah quartz stone, atau batu kuarsa. Ini adalah bahan top table yang paling berkualitas ketimbang 3 bahan sebelumnya di atas.

Tekstur quartz stone ini kuat, kokoh, tidak berpori, dan relatif lebih mudah perawatannya.

Tapi ketimbang 3 bahan material sebelumnya (Marmer, granit, dan solid surface), harga bahan quartz zone ini memang yang paling mahal.

Tips Memilih Bahan Top Table Kitchen Set

Semua bahan top table memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Silahkan pilih sesuai kebutuhan, keinginan, dan kemampuan (Budget) Anda.

Jika diurutkan berdasarkan harga termurah, urutannya adalah:

Marmer → granit → solid surface → quartz stone.

Tips dari kami

Gunakan bahan solid surface atau quartz stone kalau Anda tidak terlalu mempermasalahkan budget, dan lebih memilih FOKUS pada kualitas bahan.

Gunakan bahan marmer atau granit kalau budget yang Anda miliki cukup terbatas, dan Anda siap meluangkan lebih banyak waktu untuk membersihkan dan merawat top table Anda.

Semoga bermanfaat.

Jasa
shares