Dekorasi Dapur Mungil: Kombinasi Antara Keindahan Dan Fungsi

Dekorasi Dapur Mungil

Kalau Anda memiliki hunian (Rumah) yang mungil dan bingung bagaimana cara mendekorasinya, maka tips dekorasi dapur mungil berikut ini sangat cocok untuk Anda.

Jujur, bukan hal yang mudah memang ketika Anda ingin menata rumah yang berukuran tidak terlalu besar, atau biasa disebut sebagai rumah mungil atau minimalis.

Di satu sisi, Anda ingin memiliki rumah berdesain ciamik yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan Anda.

Tapi di sisi lain, Anda juga harus menyesuaikan antara kebutuhan dan keinginan tersebut dengan ukuran rumah yang Anda miliki. Termasuk bagian dapurnya.

Mengapa dapur?

Karena dapur merupakan salah satu bagian penting yang terdapat pada suatu rumah. Dan ia merupakan 1 dari 3 kebutuhan pokok manusia. Yakni sandang, pangan, dan papan.

Fungsi utama dapur adalah tempat menghasilkan (Memasak) makanan atau pangan yang siap disantap.

Tulisan berikut ini akan FOKUS pada bagaimana cara menata dapur yang berukuran mungil atau minimalis. Langsung saja, mari kita simak beberapa tips dekorasi dapur mungil berikut ini:

4 Tips Dekorasi Dapur Mungil Praktis Untuk Anda

Tips Dekorasi Dapur Mungil

Dari sekian banyaknya tips dekorasi dapur yang ada, kami sudah memilih 4 poin yang sebaiknya Anda perhatikan dengan seksama.

Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya Anda perhatikan jika ingin mendekorasi dapur yang mungil:

1) Pencahayaan Dan Warna

Pencahayaan dan warna memiliki peran yang cukup krusial bagi dapur Anda. Untuk itu Anda harus benar-benar memperhatikan poin ini.

Contoh:

Jika Anda menggunakan warna terang seperti putih dan cream untuk dapur Anda, maka dapur Anda akan terlihat lebih luas dan lapang.

Sebaliknya kalau Anda menggunakan warna gelap, dapur Anda akan terlihat lebih sempit.

2) Tempat Penyimpanan Praktis

Karena dapur Anda berukuran mungil, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan tempat penyimpanan yang praktis dan ringkas.

Misalnya lemari dan atau laci yang berukuran minimalis juga.

Tujuannya supaya barang-barang Anda bisa tersimpan dengan baik di dalamnya, dan tempat penyimpanan tersebut tidak terlalu memakan banyak tempat.

Jika hal ini sudah terpenuhi, barulah Anda memikirkan desain dan warna yang unik.

Tidak hanya menggunakan dapur dan lemari saja, tapi Anda juga bisa menggunakan sudut dan celah ruangan untuk menyimpan berbagai barang.

3) Pertahankan Kebersihan Dapur

Dapur yang bersih dan rapi bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap luas ruangan.

Contoh:

Jika Anda terlalu banyak menumpuk barang di satu titik, maka titik tersebut akan terlihat berantakan dan membuat ruangan di sekitarnya menjadi lebih sempit.

Anda harus bisa menentukan barang-barang apa saja yang disimpan di tempat A, diletakkan di atas meja, atau digantung di bagian dinding.

Intinya, ruangan dapur yang mungil harus ditata dengan baik sehingga enak dipandang.

4) Optimalkan Kabinet Kitchen Set Anda

Kalau Anda ingin membuat kitchen set di dapur mungil Anda, perhatikan bagian kabinet dapurnya. Baik itu kabinet bagian atas dan kabinet bagian bawah.

Kabinet bagian atas bisa Anda gunakan untuk menyimpan barang-barang yang bobotnya berat, dan relatif jarang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Sedangkan kabinet bagian bawah bisa Anda gunakan untuk menyimpan barang-barang yang bobotnya relatif ringan, dan sering digunakan sehari-hari.

Ringkasnya, optimalkan kedua kabinet ini untuk menyimpan barang-barang Anda.

Inti Dari Dekorasi Dapur Mungil

Tidak ada rumus yang pasti dalam mendekorasi bagian dapur rumah Anda. Karena semuanya ditentukan dari beberapa komponen yang ada.

Dari mulai ukuran (Luas) dapur hingga kebutuhan dan keinginan Anda akan konsep dapur tersebut. POIN PENTINGNYA, sesuaikan ukuran dapur Anda dengan dekorasi yang Anda inginkan.

Sekian. Semoga bermanfaat.

Jasa
shares