Harga Kitchen Set Modern: 4 Faktor Penentu

Penentu Harga Kitchen Set Modern

Di tulisan kali ini kami akan membahas tentang faktor penentu harga kitchen set modern. Hal ini (Harga) sangat penting supaya Anda tidak salah dalam melakukan pengalokasian budget.

Kita mulai sekarang.

Harga biasanya berbanding lurus dengan kualitas. Ada harga, ada rupa.

Kalau Anda menginginkan kualitas yang baik, jangan berharap akan harga murah. Sebaliknya jika Anda mencari harga murah, jangan berharap akan kualitas yang baik.

Terdengar begitu keras? Ya. Tapi memang begitu faktanya…

Hal yang sama juga berlaku di bidang jasa pembuatan kitchen set. Apalagi untuk kitchen set modern.

Jika Anda ingin memiliki kitchen set dengan konsep dan desain modern sesuai kemauan Anda, maka sebaiknya Anda menyiapkan budget yang cukup untuk hal tersebut.

Sebagai gambaran umum, berikut ini beberapa 4 faktor yang menentukan harga kitchen set. Termasuk kitchen set modern.

4 Faktor Penentu Harga Kitchen Set Modern

Perlu kami sampaikan bahwa beberapa faktor berikut ini kami tulis secara acak. Jadi dalam penerapannya tidak harus berurutan.

Simak penjelasan berikut ini.

1) Desain

Desain memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap harga kitchen set. Dari sinilah biasanya ditentukan bahan-bahan atau material yang ingin digunakan.

Semakin rumit dan unik suatu desain, biasanya akan berbanding lurus dengan biaya pengerjaannya.

Saran kami, sebaiknya Anda FOKUS pada kebutuhan sehingga tidak tergoda dengan desain yang unik dan inovatif. Kecuali Anda sudah menyiapkan budget khusus.

2) Material (Dasar) Yang Digunakan

Faktor berikutnya adalah bahan atau material yang digunakan. Ada beberapa bahan dasar yang sering digunakan untuk membuat kitchen set, diantaranya sebagai berikut:

Solid Wood (Kayu Utuh)

Kitchen set yang menggunakan kayu utuh akan lebih kokoh dan kuat ketimbang yang menggunakan kayu olahan. Tapi memang harga kayu utuh ini relatif lebih mahal.

Jenis kayu yang sering digunakan untuk membuat kitchen set adalah kayu jati. Karena memiliki tampilan visual yang indah serta tahan akan cuaca dan anti rayap.

Plywood: Multiplek Atau Triplek

Ketimbang solid wood, plywood memiliki harga yang relatif lebih murah. Masyarakat umum sering menyebut plywood ini dengan multiplek atau triplek.

Bahan plywood ini dibuat dari beberapa lebaran kayu yang direkatkan dengan tekanan tinggi.

Block board

Terakhir ada block board. Bahan ini hampir sama dengan multiplek atau triplek. Yang membedakannya adalah, bahan ini dibuat dari potongan kayu kecil-kecil yang dipadatkan hingga menyerupai papan.

Proses pembuatannya sama dengan multiplek dan triplek. Hanya saja di bagian permukaannya ditambahkan pelapis banner sehingga terlihat lebih rapi.

3) Finishing

Finishing adalah tahap akhir dalam proses pengerjaan kitchen set.

Ringkasnya, finishing ini adalah teknik mempercantik kitchen set dan melindungi material dasarnya dari kerusakan, supaya tahan lama.

Ada beberapa material finishing yang bisa Anda pilih. Dari mulai melamik, cat duco, decosheet, hingga HPL.

4) Luas dapur

Faktor penentu harga kitchen set yang terakhir adalah ukuran dan luas dapur.

Semakin besar ukuran dan luas dapur rumah Anda, biasanya akan berbanding lurus dengan konsep kitchen set yang Anda inginkan.

Dan hal ini akan sangat berpengaruh pada komponen-komponen kitchen set yang akan dibuat.

Kesimpulan

Jika Anda ingin memiliki kitchen set modern di rumah Anda, bisa dipastikan kalau Anda sudah menyiapkan budget khusus untuk hal tersebut.

Bisa disimpulkan kalau Anda tidak terlalu mempermasalahkan budget.

Kalau kondisinya seperti ini, FOKUS pada konsep kitchen set yang Anda inginkan dan sesuaikan dengan ukuran serta luas dapur Anda.

Semoga bermanfaat.

Jasa
shares