Mendekorasi Dapur Minimalis: 5 Tips Praktis Untuk Anda

Mendekorasi Dapur Minimalis

Artikel berikut ini akan membahas tentang bagaimana cara mendekorasi dapur minimalis supaya berfungsi dengan optimal, dan juga terlihat lebih luas.

Salah satu alasan mengapa orang-orang menyukai dapur yang minimalis adalah karena bisa memberikan kesan elegan bagi para pemiliknya.

Namun akan lebih menyenangkan lagi jika dapur dengan kesan elegan tersebut bisa berfungsi dengan baik, meskipun ukurannya yang relatif lebih mungil.

Bagaimana caranya?

Anda bisa menyesuaikan antara desain dengan luas dapur tersebut.

Tujuannya?

  1. Supaya dapur Anda bisa berfungsi dengan optimal
  2. Supaya Anda merasakan kesan lega ketika berada di rumah

Langsung saja, berikut ini adalah 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk mendekor dapur minimalis supaya tetap berfungsi secara optimal.

5 Tips Mendekorasi Dapur Minimalis

1) Menggunakan Warna Netral (Terang)

Salah satu ciri rumah minimalis adalah menggunakan warna netral atau terang untuk bagian interiornya.

Contoh warna netral yang bisa digunakan pada rumah minimalis adalah warna putih dan cream.

FYI, penerapan warna terang ini bukannya tanpa alasan. Karena tujuannya adalah supaya rumah terlihat lebih bersih, nyaman, dan mampu memberikan ketenangan bagi pemiliknya.

Hal yang sama juga berlaku untuk bagian dapur, dimana pemilik rumah yang memiliki dapur minimalis juga kerap menggunakan warna netral ini dengan tujuan yang sama. Yakni supaya dapur terkesan lebih lapang.

2) Menggunakan Perabot Seperlunya

Bagian kedua ini sudah sangat jelas maksudnya. Dimana Anda harus pandai dalam memilih perabot yang ingin diletakkan di dapur kesayangan Anda.

Supaya lebih optimal, sebaiknya gunakan perabot yang tidak terlalu besar ukurannya. Fokus pada perabot yang berukuran lebih kecil, tapi memiliki fungsi yang dibutuhkan.

Contoh:

Anda bisa menggunakan kitchen sink single dan memprioritaskan stove & cooker hood dengan ukuran yang relatif lebih kecil.

Tips:

Untuk perabot-perabot yang jarang digunakan, sebaiknya simpan di dalam tempat penyimpanan khusus supaya dapur Anda terlihat lebih luas.

3) Mengoptimalkan Pencahayaan

Kalau dapur Anda memiliki pencahayaan yang baik, maka ruangan di sekitarnya akan terasa lebih luas. Sebaliknya jika pencahayaannya buruk, ruangan di sekitarnya akan terasa sempit.

Beberapa posisi yang ideal untuk pencahayaan dapur adalah di lemari dan rak dapur

Untuk itu tidak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan untuk memasang / menambah lampu LED berkualitas di bagian tersebut.

INGAT, gunakan lampu LED yang berkualitas.

4. Menggunakan Cermin Khusus

Yang dimaksud dengan cermin khusus di sini adalah cermin yang bisa memberikan efek luas pada interior rumah Anda, termasuk di bagian dapurnya.

Teknik menggunakan cermin khusus ini sudah sering digunakan di beberapa hunian minimalis seperti apartemen dan bangunan sejenisnya.

Jadi teknik ini bisa langsung Anda terapkan di dapur Anda.

Tidak hanya memberikan kesan luas pada dapur, keberadaan cermin ini juga bisa memberikan kesan menarik dan elegan secara visual.

5. Menggunakan Kabinet Yang Pintunya Berbahan Kaca

Bagian penting lainnya yang harus Anda perhatikan ketika ingin membuat kitchen set adalah kabinet, atau tempat penyimpanan berbagai peralatan dapur.

Supaya dapur minimalis Anda terlihat menarik, sebaiknya gunakan kabinet yang pintunya berbahan kaca.

Akan lebih baik lagi kalau bahan kaca yang digunakan sedikit terang.

Sehingga peralatan dapur yang disimpan bisa terlihat dari luar.

***

Itulah tips singkat mendekorasi dapur minimalis Anda agar bisa berfungsi secara OPTIMAL.

Semoga bermanfaat.

Jasa
shares